Berdiaoglahuntuk solusi, meskipun kau harus berbicara dengan dirimu sendiri

     "Lagi apa?"
     "Aku sedang jatuh, aku jatuh dan sulit untuk bangkit"
     "Jatuh karena apa?"
    "Dulu setiap kali aku memiliki masalah, aku bisa lari dan meninggalkan masalah tersebut tanpa menyelesaikannya. Saat ini semua masalah itu terungkap dan ternyata sangat menumpuk"
     "Masalah apa?"
   "Banyak hal, aku menyesal saat ini dan bingung karena aku tidak menemukan jalan untuk menyelesaikannya. Aku ingin lari, namun aku sadar semua itu sama saja dengan menanam benih yang suatu saat akan menjadi buah dan mau tidak mau harus aku panen. Aku menyesal"
     "....."
     "Saat ini, semuanya sudah terlampau rumit. Aku bingung harus memulai dari mana. Tidak ada lagi ruang untuk langkahku kedepan. Kecuali aku dapat menyelesaikan satu per satu masalah ini"
    "Yang sabar ya, Ingatlah Allah memberikan ujian akan sesuai dengan kekuatan kita"
   "Ia kalau ini ujian. Tapi menurutku ini adalah azab buat aku. Aku sudah terlalu lalai. Kini usiaku sudah hampir dua puluh tahun. Mau tidak mau hidupku harus terus berjalan. Aku tidak ingin jatuh semakin dalam. Aku ingin bangkit, tapi aku tidak memiliki pegangan saat ini"
    "Kata siapa? Agamamu islam kan?"
    "Iya lah"
   "Nah... berarti kamu masih memiliki pegangan. Raja dari segala raja, sumber solusi dari setiap masalah. Yaitu Allah swt. Apa pun ini bentuknya, mau ujiankah, mau siksaankah. Kamu harus selalu sabar dan yakin bahwa Allah tidak akan pernah mneinggalkan hambanya"
    "Kamu benar, tapi aku sudah terlalu jauh. Aku sudah lupa bagaimana caranya untuk kembali"
   "Seperti yang aku katakan tadi, Allah tidak akan pernah menolak dan meninggalkan hambanya. Jika kita yakin ingin kembali, maka Ia sendiri yang akan menuntunnya. Kuncinya cuman satu, mantapkan niat"
   "Ya Allah... apa yang kamu katakan benar."
   "Tentu saja, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Jadi kita hanya tinggal berusaha mencari dan berusaha menemukan solusi yang tepat. Bukannya lari. Lagipula aku yakin setiap masalah yang kita hadapi adalah jalan untuk kita sampai pada tingkat kedewasaan yang baru"
    "Aku pasti bisa"
   "Kamu harus yakin itu"

    Saat memiliki masalah, memang diperlukan untuk melakukan dialog. Namun, jika kita merasa kurang percaya pada orang-orang terdekat kita. Maka lakukanlah dialog dengan diri kita sendiri. Kenapa? Karena setiap masalah yang kita hadapi, hanya kitalah yang mampu menyelesaikannya. Kuncinya buka mata, hati, dan pikiran agar solusi itu dapat kita genggam. Namun, tetap perlu diingat jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Karena bisa saja itu malah mengantarkan pada masalah baru yang lain. Seperti aku dulu, aku seperti terburu-buru mengambil keputusan dan ternyata itu malah menjadi tabungan masalah baru bukannya menjadi sebuah solusi. Yakinlah kekuatan terbesar ada pada keyakinan diri sendiri akan pertolongan Allah swt. Semangat dan terus berdoa' :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ku temukan Kembali #1

Kekagumanku akan Dirimu adalah Inspirasiku,

Hai, aku kembali ....